Panen Pupuk Kompos Serasah KPHP Minas Tahura


Rilis Berita : 2021-04-13 11:51:53

Pekanbaru – Kamis, 1 April 2021, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Mamun Murod didampingi oleh Kepala UPT KPHP Minas Tahura, Setyo Widodo, Kasubag TU UPT KPHP Minas Tahura, Dendro Biana, dan Kasi Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan UPT KPHP Minas Tahura, Apidian Suherdianta, berkesempatan mengunjungi KPH Minas Tahura Sultan Syarif Qasim dalam rangka melihat secara langsung panen pupuk kompos produk dari KPHP Minas Tahura.

Pada kesempatan ini merupakan panen perdana yang dilakukan langsung oleh Kadis LHK Prov. Riau. Sebanyak 2 ton kompos yang berasal dari sampah organik yang bersumber dari serasah wilayah KPHP MT, kawasan Tahura SSH dan dimanfaatkan secara ekonomi dan diberdayakan untuk lingkungan.

Pembuatan kompos ini menjadi penting karena kita mempunyai sumber bahan baku yang melimpah dan juga bisa memberikan manfaat nilai tambah untuk lingkungan yang lebih baik, dan diharapkan menjadi bahan pembelajaran masyarakat sekitar untuk memanfaatkan limbah organik dan dimungkinkan menjadi sumber pupuk bagi masyarakat.

Tahap awal ini, sampah organik berupa serasah yang dikelola oleh Koperasi Tahura Sejahtera dan kedepan akan direncanakan untuk bekerjasama dengan masyarakat setempat dalam pengelolaannya.

Pengelolaan serasah ini merupakan arahan dari Kadis LHK Prov. Riau, Mamun Murod yang merupakan bagian dari upaya untuk mendukung kebijakan Gubernur Riau untuk mewujudkan riau hijau.

Dalam wawancaranya, Murod mengatakan bahwa “yang dilakukan UPT KPHP Minas Tahura adalah upaya yang sangat positif, kreatif dan berinovasi, sehingga dapat menciptakan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan khususnya untuk koperasi itu sendiri, hal ini juga diharapkan bisa menjadi contoh bagi UPT KPHP lainnya agar senantiasa menghasilkan sebuah inovasi guna menjadikan instansi DLHK sebagai instansi yang kaya akan inovasi dan juga mandiri. (MCR/DLHK)