Gubernur Riau Bersama Kadis LHK Berkunjung Budidaya Tanaman Hutan Jernang di Kabupaten Kuansing


Rilis Berita : 2022-01-10 15:32:17

KUANSING - Senin, 10 januari 2022, Kunjungan Bapak Gubernur Provinsi Riau, Drs.H.Samsuar, M.si, berserta PLT Bupati Kuansing, Drs. H Suhardiman Ambi Ak .MM, ketua DPRD Kabupaten Kuansing, Dr. Adam Sukarmis, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Riau, Dr. H.Mamun Murod, ke Desa Air Buluh Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Sengingi, kunjungan ini dalam rangka budi daya Tanaman Hutan Jernang yang luas nya 1250 Ha.

Dalam Sambutannya Orang Nomor Satu di provinsi Riau ini, sangat mengapresiasi Kelompok tani hutan (KTH) Desa Air Buluh yang sudah Berkontribusi menyelamatkan kawasan hutan. Didampingi Yayasan Hutan Riau salah satu LSM yang sudah mendampingi KTH di kabupaten Kuantan Singingi, Gubri mengharapkan, “kegiatan yang sudah dilaksanakan Yayasan Hutan Riau agar diikuti oleh LSM lainnya”, tuturnya.

Dalam kesempatan ini juga, Melki sebagai Ketua LSM Yayasan Hutan Riau menyampaikan dan meminta pemerintah provinsi Riau di hadapan Gubri, “untuk memberikan dukungan dan kepastian harga dari komoditi jernang in,i sehingga jernang dapat terus di kembangkan karena jernang merupakan tanaman hutan penghasil resin bernilai tinggi”.

Dengan hasil Resin yang berasal dari buah jernang yang telah di olah, hasil resinnya perbulan dapat mencapai kurang lebih 50 Kg, Jernang merupakan anugerah bagi Riau umumnya dan Kabupaten Kuansing khususnya karena satu satunya Kabupaten yang memiliki Jernang yang Luar biasa ini.

Bapak Gubri meminta jajarannya dari OPD Dinas Perindustrian dan perdagangan, perkebunan untuk membantu mencarikan pasar bagi komoditi jernang karena jernang memiliki nilai ekonomi tinggi yg dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa sekitar hutan. (MCR/DLHK)