Rapat Forum Perangkat Daerah Dalam Rangka Penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja (Renja) Tahun 2022 Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Provinsi Riau


Rilis Berita : 2021-06-02 13:38:05

Pekanbaru – Kamis, 25 Februari 2021, Bertempat di Hotel Premiere Pekanbaru diadakan acara Rapat Forum Perangkat Daerah Dalam Rangka Penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja (Renja) Tahun 2022 Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Provinsi Riau. Acara dibuka Oleh Kadis LHK Prov. Riau, Mamun Murod, “Dinas LHK sebagaimana arahan Gubernur dan Wakil Gubernur Prov. Riau memiliki salah satu tugas yaitu meningkatkan indeks kualitas Lingkungan Hidup dan menurunkan emisi gas rumah kaca, dimana hal ini sejalan dengan visi misi gubernur yaitu menjadikan Riau hijau. Sejalan dengan visi misi tersebut, kami selalu bekerjasama dengan komponen masyarakat, baik dari Kabupaten Rokan dengan Gula Arennya, Indragiri dengan Jernangnya, Kabupaten Kampar dengan berbagai komoditasnya. Selain itu pengawasan terhadap Daerah Aliran Sungai (DAS) untuk mengurangi pencemaran juga kami selalu tingkatkan. Untuk restorasi gambut sendiri, Dinas LHK juga sudah bekerjasama dengan Badan Restorasi Gambut untuk melakukan upaya 3R yaitu Rewetting (pembasahan), Revegetasi dan Revitalisasi ekonomi, sehingga permasalahan kebakaran hutan dan lahan dapat di minimalisir”, ujar Murod dalam sambutannya.

Murod juga menyampaikan bahwa untuk kegiatan perhutanan sosial sendiri, kami sudah bekerjasama dengan beberapa NGO untuk lebih dapat memanfaatkan hutan adat, sehingga nantinya hutan adat sendiri memiliki fungsi yang optimal, dan untuk diketahui juga bahwa perhutanan sosial merupakan kewenangan pemerintah pusat bukan pemerintah di daerah, walaupun begitu kami di daerah selalu mendukung kegiatan perhutanan sosial sehingga manfaatnya dapat terasa bagi kehidupan masyarakat.

Pada acara ini juga turut hadir Komisi IV DPRD Prov.Riau, Sub Direktorat Lingkungan Hidup Direktorat Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah Wilayah I Kementrian Dalam Negeri, Kepala UPT Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bapedalitbang ,Kepala OPD Lingkup Pemerintah Prov.Riau Kepala OPD lingkup Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota/ Kabupaten se Provinsi Riau dan Organisasi Masyarakat. (MCR/DLHK)